Home
MAN 1 BANJARNEGARA
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MAN 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021

Kiat Sukses Olimpiade Matematika

Pengalaman memperlihatkan bahwa seorang siswa yang baik dan pandai, tidak harus berasal dari kota. Seringkali muncul seorang siswa yang berasal dari daerah bahkan terpelosok atau daerah terpencil. Tetapi untuk mengikuti seleksi Olimpiade Matematika (khusus untuk tingkat MA/SMA) pelajaran di Madrasah/Sekolah  tidak cukup. Mereka harus mempunyai pengalaman yang lebih. Siswa yang biasa hidup di kota mempunyai bekal untuk hal itu, tetapi tidak demikian untuk siswa yang berasal dari daerah. Mereka hanya dapat mengandalkan dari materi di Madrasah atau Sekolah dan tidak mempunyai bacaan lain maupun soal yang labih matang, oleh karena itu dalam mengikuti seleksi tim Matematika siswa kota mempunyai kesempatan yang lebih baik.

Tulisan ini dibuat untuk mengatasi hal diatas, dengan memberikan bahan bacaan tentang matematika olimpiade secara luas, diharapkan muncul jago-jago terpendam dari daerah. Pada dasarnya guru hanya merupakan pembantu dan penyemangat yang penting ada kemauan, kemampuan, keberanan serta semangat siswa untuk melangkah ke olimpiade matamatika, siswa harus rajin berlatih minimal tiap hari harus mampu latihan membahas puluhan soal bahkan ratusan soal setiap harinya tanpa bantuann orang lain. Harus cari bacaan buku ke perpustakan buku matematika yang membahas soal-soal secara mandiri, kalau ada ketidaktahunnya baru mananyakan kepada gurunya.

Pemahaman matematika memang beda dengan pemahaman bidang lain, tetapi dalam olimpade matematika  adanya rumus atau teknik matematika tidak harus dipakai, tetapi guru memang merupkan kunci keberhasilan dari tim olimpiade karena guru yang berinteraksi dengan siswa.

Untuk menuju ke olimpiade matematika harus dimulai dari teknik problem solving yang sangat berguna dalam mmpelajari matematika dan menyelelesaikan soalnya. Menurut George Polya pembahasan dimulai dari empat langakah awal dri teknik yang ada, jadi matematika tidak hanya dilihat sekedar kumpulan rumus maupun kumpulan prosedur tetapi dilihat secara menyelurh dahulu.

Mampu memahami hal yang mendasar bahwa hal tersebut suatu hal yang sangat sederhana sehingga dapat dilewatkan, kemudian mengatasi hal yang berisi kombinatorik mulai dari hal yang dikenal di Sekolah Menengah Umum pembahasan dilanjutkan kepemahaman yang mendalam agar pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki menjadi lebih utuh.

Kemudian masalah ketaksamaan, biasanya materi ini dibahas mulai sekolah menengah lanjutan pertama sampai sekolah menengah umum yang biasanya hanya mencari besaran yang memenuhi suat pertidaksaman, sedangkan dalam olimpiade matematika soal dalam bentuk membuktikan pertidaksamaan untuk nilai yang terletak pada suatu himpunan..Sedangkan masalah geometri materi yang sudah diperkenalkan dari sekolah lanjutan pertama sampai dengan sekolah menengah umum demikian juga pada bilangan kompleks hanya sebagai bilangan yang pada mulanya tidak ada atau dibuat ada.

Oleh kaena itu bagi siswa dan guru yang tidak mempunyai pengetahuan  yang utuh, akan memandang matematika sebagai ilmu yang tak jelas tetapi kegunaan bilangan kompleks untuk menyelesaikan banyak hal dan ternyata sistem ini telah tedapat dbenda yang telah kita kenal. Dengan cara ini diharapkan siswa dan guru dapat melihat bahwa malai dari sesuatu yang mungkin tak ada tetapi dengan bantuannya dapat diselesaikan beberapa soal dengan lebih mudah.

Demikian literasi artikel olimpiade matematika semoga dapat menggugah pikiran para siswa yang tadinya tidak senang pada matematika bahkan telah membencinya, setelah membaca tulisan ini akan mejadi tergugah dan punya pikiran bahwa matematika adalah suatu hal yang mudah dan semoga bermanfaat Aamiin Yaa Robbal  ‘aalamiin. (sae)

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan baru website MAN 1 Banjarnegara?
Sangat Bagus
Bagus
Sedang
Jelek
Sangat Jelek

Statistik User


0289756

MAN 1 BANJARNEGARA Pengunjung Hari Ini : 43
MAN 1 BANJARNEGARA Total Pengunjung : 113835
MAN 1 BANJARNEGARA Hits Hari Ini : 161
MAN 1 BANJARNEGARA Total Hits : 289756
MAN 1 BANJARNEGARA Pengunjung Online : 3
MAN 1 BANJARNEGARA IP Address Anda : 35.172.136.29

Follow Us On Twitter

MAN 1 BANJARNEGARA
MAN 1 BANJARNEGARA
Alamat :
Jl. Raya Pucang KM. 03 Banjarnegara.
E-Mail: admin@man1banjarnegara.sch.id
Telp. (0286) 598 5268 Kode Pos 53471